Iklan Header MI Arabic

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 5


MI Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.

Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 5 sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.

Kompetensi Inti :
  1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga ,teman, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengna cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar : Semester Ganjil

Aspek Pengetahuan

3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أعضاء الجسم yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang anggota tubuh

3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أعضاء الجسم dengan memperhatikan struktur (الإشارة للمفرد + الإسم + الصفة)

3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المهنة yang melibatkan tindak tutur memilih profesi yang disukai

3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المهنة dengan memperhatikan struktur (الإشارة للمفرد + الإسم + الصفة)

3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : حديقة الحيوانات yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait tema kebun binatang

3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: حديقة الحيوانات dengan memperhatikan struktur (الإشارة للمفرد + الإسم + الصفة)

Aspek Keterampilan

4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang anggota tubuh

4.2 Menyajikan hasil analisis bunyi dan kata sangat sederhana terkait tema: أعضاء الجسم secara lisan dan tulisan

4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur memilih profesi yang disukai secara lisan

4.4 Menyajikan hasil analisis bunyi dan kata sangat sederhana terkait tema: المهنة dengan memperhatikan struktur secara lisan dan tulisan

4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait tema kebun binatang secara lisan

4.6 Menyajikan hasil analisis bunyi dan kata sangat sederhana terkait tema: حديقة الحيوانات secara lisan dan tulisan

Kompetensi Dasar : Semester Genap

Aspek Pengetahuan

3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: في غرفة الإستقبال و المذاكرة yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan apa yang ada di ruang tamu dan ruang belajar

3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: في غرفة الإستقبال و المذاكرة dengan memperhatikan struktur المبتدأ و الخبر - الخبر المقدم و المبتدأ المؤخر

3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: في المعمل و مكتبة المدرسة yang melibatkan tindak tutur mendeskripsikan secara sederhana tentang aktivitas di laboraorium dan perpustakaan sekolah

3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: في المعمل و مكتبة dengan memperhatikan struktur المبتدأ و الخبر - الخبر المقدم و المبتدأ المؤخر

3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : في المقصف yang melibatkan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi jenis makanan yang ada di kantin secara lisan

3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: في المقصف dengan memperhatikan struktur المبتدأ و الخبر - الخبر المقدم و المبتدأ المؤخر


Aspek Keterampilan

4.7 Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan benda yang ada di ruang tamu dan ruang belajar

4.8 Menyajikan hasil analisis bunyi dan kata dari teks deskriptif sangat sederhana terkait tema: في غرفة الإستقبال و المذاكرة secara lisan dan tulisan

4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur mendeskripsikan secara sederhana tentang aktivitas di laboratorium dan perpustakaan sekolah secara lisan dan tulisan

4.10 Menyajikan hasil analisis bunyi dan kata sangat sederhana terkait tema: في المعمل و مكتبة secara lisan dan tulisan

4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi jenis makanan yang ada di kantin secara lisan

4.12 Menyajikan hasil analisis bunyi dan kata dari teks sangat sederhana terkait tema: في المقصف secara lisan dan tulisan


Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.

Semoga membantu. Semoga manfaat.

Salam Admin,

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 5"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel