Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 1
Thursday, July 8, 2021
2 Comments
MI Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.
Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga ,teman, dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengna cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar : Semester Ganjil
Aspek Pengetahuan
3.1. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: التعارف yang melibatkan tindak tutur memberi salam, menjawab salam, menanyakan nama, dan menanyakan kabar
3.2. Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: التعارف
3.3. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أسرتي yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang diri dan anggota keluarga dengan kata tanya من هذا؟ من هذه؟
3.4. Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أسرتي
3.5. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : هوايتي yang melibatkan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi terkait dengan hobiku
3.6. Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: هوايتي
Aspek Keterampilan
4.1. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi salam, menjawab salam, menanyakan nama, dan menanyakan kabar
4.2. Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: التعارف dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf hijaiyah
4.3. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang diri dan anggota keluarga dalam bentuk sangat sederhana
4.4. Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: أسرتي dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf hijaiyah
4.5. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi sangat sederhana terkait dengan hobiku
4.6. Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema : هوايتي dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf hijaiyah
Kompetensi Dasar : Semester Genap
Aspek Pengetahuan
3.7. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: بيتي dengan melibatkan tindak tutur dan meminta informasi tentang nomor rumah
3.8. Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: بيتي
3.9. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الفواكه أسماء dengan melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang nama-nama buah dengan pola kata tunjuk (هذه - هذا)
3.10. Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الفواكه أسماء
3.11. Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : األلوان yang melibatkan melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang warna dari benda-benda kongkrit
3.12. Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: األلوان
Aspek Keterampilan
4.7. Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nomor rumah
4.8. Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: بيتي dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung
4.9. Mendemonstrasikan tindak tutur meminta informasi tentang nama-nama buah
4.10. Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: الفواكه أسماء dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung
4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur meminta informasi tentang warna dari benda-benda kongkrit
4.12 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: األلوان dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung
Demikian artikel tentang deskripsi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 1 sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019.
Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.
Semoga membantu. Semoga manfaat.
Salam Admin,
Baca Juga :
sangat membantu, terimakasih
ReplyDeleteSama-sama. Bantu share yaaa...
Delete