Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 3
Thursday, July 8, 2021
Add Comment
MI Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.
Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.
Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 3 sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.
Kompetensi Inti :
- Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
- Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga ,teman, dan guru
- Memahami pengetahuan faktual dengna cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
- Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar : Semester Ganjil
Aspek Pengetahuan
3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المواد الدراسية yang melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama pelajaran
3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المواد الدراسية
3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أسماء الحيوانات
3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أسماء الحيوانات
3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الأمراض
3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الأمراض
Aspek Keterampilan
4.1 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama pelajaran
4.2 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: المواد الدراسية dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung
4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama hewan
4.4 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: أسماء الحيوانات dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung
4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama-nama penyakit
4.6 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: الأمراض dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung
Kompetensi Dasar : Semester Genap
Aspek Pengetahuan
3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الرياضة dengan melibatkan tindak tutur dan meminta informasi tentang olahraga yang disukai
3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الرياضة
3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أصدقائي dengan melibatkan tindak tutur mengenalkan nama teman
3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أصدقائي
3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الحديقة yang melibatkan melibatkan tindak tutur memberi informasi nama tanaman
3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الحديقة
Aspek Keterampilan
4.7 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang olahraga
4.8 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna sangat sederhana dari teks terkait tema: الرياضة dengan memperhatikan kaidah penulisan kalimat sederhana
4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur mengenalkan nama teman
4.10 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: أصدقائي dengan memperhatikan kaidah penulisan kalimat sederhana
4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi informasi nama tanaman
4.12 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: الحديقة dengan memperhatikan kaidah penulisan kalimat sederhana secara lisan dan tulisan
Demikian artikel tentang deskripsi Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 3 sesuai dengan KMA 183 Tahun 2019.
Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.
Semoga membantu. Semoga manfaat.
Salam Admin,
Baca Juga :
0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 3"
Post a Comment