Iklan Header MI Arabic

Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 2


MI Arabic - Kompetensi Inti yang selanjutnya disingkat KI adalah merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik untuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.

Kompetensi Dasar yang selanjutnya disingkat KD adalah merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan dan keterampilan yang tekait muatan atau mata pelajaran.

Fungsi KI yakni untuk sinkronisasi horisontal berbagai kompetensi dasar antar mata pelajaran pada kelas yang sama dapat dijaga. Selain itu sinkronisasi vertikal berbagai kompetensi dasar pada mata pelajaran yang sama pada kelas yang berbeda. Rumusan KI dalam pedoman ini menggunakan notasi: 1) KI-1 untuk KI sikap spiritual, 2) KI-2 untuk KI sikap sosial, 3) KI-3 untuk KI pengetahuan (pemahaman konsep), 4) KI-4 untuk KI keterampilan. Urutan tersebut mengacu pada urutan yang disebutkan dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa kompetensi terdiri dari kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan.

Adapun dalam artikel ini saya share KI-KD khusus mata pelajaran Bahasa Arab Jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 2 sesuai KMA 183 Tahun 2019 Semester Ganjil dan Semester Genap.

Kompetensi Inti :
  1. Menerima dan menjalankan agama yang dianutnya
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengankeluarga ,teman, dan guru
  3. Memahami pengetahuan faktual dengna cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar : Semester Ganjil

Aspek Pengetahuan

3.1 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أفراد المدرسة dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi kehadiran siswa di kelas

3.2 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أفراد المدرسة

3.3 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الأدوات المدرسية dengan melibatkan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang peralatan sekolah dengan pola kata tunjuk (هذا - هذه) dan ungkapan instruksi harian di kelas

3.4 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الأدوات المدرسية

3.5 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : الزي المدرسي secara lisan dan tulisan

3.6 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: الزي المدرسي

Aspek Keterampilan

4.1 Mempraktikkan tindak tutur memberi dan meminta informasi kehadiran siswa di kelas

4.2 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: أفراد المدرسة dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung

4.3 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang peralatan sekolah dengan pola kata tunjuk (هذا - هذه) dan ungkapan instruksi harian di kelas

4.4 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: الأدوات المدرسية dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung

4.5 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi sangat sederhana terkait seragam sekolah

4.6 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: الزي المدرسي dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung

Kompetensi Dasar : Semester Genap

Aspek Pengetahuan

3.7 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: وسائل المواصلات dengan melibatkan tindak tutur dan meminta informasi tentang nama sarana transportasi

3.8 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: وسائل المواصلات

3.9 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أساس المنزل dengan melibatkan tindak tutur meminta informasi tentang peralatan rumah

3.10 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: أساس المنزل

3.11 Memahami fungsi sosial dan unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema : المناظر الطبيعية yang melibatkan melibatkan tindak tutur dan meminta informasi tentang pemandangan alam yang dilihat

3.12 Menganalisis unsur kebahasaan (bunyi, kata dan makna) dari teks sangat sederhana terkait tema: المناظر الطبيعية

Aspek Keterampilan

4.7 Mendemonstrasikan tindak tutur memberi dan meminta informasi tentang nama sarana transportasi

4.8 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: وسائل المواصلات dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung

4.9 Mendemonstrasikan tindak tutur meminta informasi tentang peralatan rumah

4.10 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: أساس المنزل dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung

4.11 Mendemonstrasikan tindak tutur meminta informasi tentang pemandangan alam yang dilihat

4.12 Menyajikan hasil analisis bunyi, kata dan makna dari teks sangat sederhana terkait tema: المناظر الطبيعية dengan memperhatikan kaidah penulisan huruf sambung



Sengaja diarsipkan langsung dalam bentuk tulisan digital dalam website khusus ini agar jika suatu saat diperlukan, tidak sulit untuk mencari.

Semoga membantu. Semoga manfaat.

Salam Admin,

0 Response to "Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Bahasa Arab MI Kelas 2"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel