Soal Penilaian Akhir Tahun Bahasa Arab MI Kelas 5 Tahun Pelajaran 2021-2022
Thursday, May 12, 2022
Add Comment
MI Arabic - Dengan berakhirnya proses pembelajaran Bahasa Arab khususnya jenjang Madrasah Ibtidaiyah di seluruh nusantara, maka agenda rutinan selanjutnya adalah melaksanakan Penilaian Akhir Tahun. Kegiatan yang dikenal juga dengan istilah Ulangan Akhir Semester, Ujian Kenaikan Kelas tersebut merupakan salah satu jenis penilaian yang dilaksanakan oleh madrasah di akhir tahun pelajaran.
Adapun guru-guru, khususnya Guru Bahasa Arab memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama pentingnya dengan pengajaran. Dalam satu analisis, guru bisa menghabiskan 20 sampai 30 persen waktu mereka untuk menghadapi persoalan penilaian. Oleh karena itu, dengan banyaknya waktu untuk penilaian, semestinya penilaian itu dilakukan dengan baik dan benar. Guru yang kompeten harus melakukan penilaian sesuai dengan konteks tujuan pembelajaran dan mengadaptasi pembelajaran sesuai dengan penilaiannya serta menindaklanjuti hasil penilaian untuk kemajuan peserta didiknya. Pendidik melakukan penilaian hasil belajar dalam bentuk ulangan, pengamatan, penugasan, dan/atau bentuk lain yang diperlukan.
Penilaian hasil belajar oleh pendidik digunakan untuk:
(1) mengukur dan mengetahui pencapaian kompetensi peserta didik;
(2) memperbaiki proses pembelajaran;
(3) menentukan perlakuan dan pendampingan demi kemajuan peserta didik secara berkelanjutan; dan
(4) menyusun laporan kemajuan hasil belajar harian, tengah semester, akhir semester, akhir tahun dan/atau kenaikan kelas.
Pendidik melaksanakan penilaian dengan mekanisme sebagai berikut:
1) Perancangan strategi penilaian oleh pendidik dilakukan pada saat penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus;
2) Penilaian aspek sikap dilakukan melalui observasi/pengamatan dan teknik penilaian lain yang relevan, dan pelaporannya menjadi tanggung jawab wali kelas atau guru kelas;
3) Penilaian aspek pengetahuan dilakukan melalui tes tertulis, tes lisan, dan penugasan sesuai dengan kompetensi yang dinilai;
4) Penilaian keterampilan dilakukan melalui praktik, produk, proyek, portofolio, dan/atau teknik lain sesuai dengan kompetensi yang dinilai;
5) Peserta didik yang belum mencapai KKM satuan pendidikan harus mengikuti pembelajaran remedi;
6) Hasil penilaian dijadikan dasar untuk memberi umpan balik kepada peserta didik. Guru dalam hal ini harus memastikan bahwa peserta didik mengetahui apa kekurangannya dalam pencapaian kompetensi, bagaimana mengatasi kekurangan/ kendala yang dihadapi, dan memastikan peserta didik bersedia melakukan tindakan untuk memperbaiki diri dari kekurangannya. Dengan demikian proses penilaian akan meningkatkan motivasi belajar dan menjadikan perubahan perilaku peserta didik lebih baik; dan
7) Hasil penilaian pencapaian pengetahuan dan keterampilan peserta didik disampaikan dalam bentuk angka dan/atau deskripsi. ( KMA No. 183 Tahun 2019 Halaman 71 - 72 )
Adapun dalam artikel ini saya coba share Soal PAT Bahasa Arab MI Kelas 5 Tahun Pelajaran 2021-2022 semester genap. Soal PAT ini merupakan hasil analisa dari berbagai buku sumber bahasa Arab, terutama Buku Bahasa Arab MI kelas 5 terbaru revisi tahun 2020 (tanpa tulisan uji publik).
Materi yang terdapat pada contoh soal PAT dalam artikel ini diambili dari :
Soal tersebut dapat bapak/ibu download melalui link di bawah ini, kemudian mengedit (mengurangi/menambahkan) soal sesuai dengan kebutuhan di madrasahnya masing-masing.
Naskah Soal Penilaian Akhir Tahun
Bahasa Arab MI Kelas 5
Tahun Pelajaran 2021-2022
✅ Update Soal Penilaian Akhir Tahun Bahasa Arab MI Kelas 5 Tahun Pelajaran 2021-2022 format word, silahkan unduh dibawah ini :
Demikian artikel sederhana tentang soal Soal Penilaian Akhir Tahun Bahasa Arab MI Kelas 5 Tahun Pelajaran 2021-2022 semester genap.
Semoga bermanfa'at.
Jika ada pertanyaan terkait artikel ini, silahkan sampaikan di kolom komentar.
Salam Admin,
0 Response to "Soal Penilaian Akhir Tahun Bahasa Arab MI Kelas 5 Tahun Pelajaran 2021-2022"
Post a Comment