Iklan Header MI Arabic

Kisi-kisi UP PPG Kemenag Mata Pelajaran Bahasa Arab Tahun 2021

MI Arabic - Ditjen Pendidikan Islam Kemenag telah menetapkan kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) bidang agama di lingkungan Ditjen Pendis. Kisi-kisi UP ini memuat kisi-kisi untuk Pendidikan Agama Islam (PAI), Alquran Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI), Bahasa Arab, hingga UP Guru MI dan Guru RA.

Adalah surat Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Nomor B-2590.1/DJ.I/HM.01/08/2021 tertanggal 19 Agustus 2021. Surat dengan perihal Pemberitahuan Kisi-kisi Uji Pengetahuan Bidang Agama ini ditujukan kepada Pimpinan LPTK PTKIN Penyelenggara PPG.

Dalam isi suratnya, salah satunya disebutkan bahwa, dalam rangka memberikan informasi kepada mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) bidang agama di lingkungan Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, maka Pimpinan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (LPTK PTKIN) penyelenggara PPG agar menyampaikan kisi-kisi uji pengetahuan kepada mahasiswa retaker maupun firstaker bidang agama sebagaimana tersaji dalam lampiran ini.

Masih menurut surat tersebut, diharapkan kisi-kisi ini dapat dipelajari oleh seluruh mahasiswa retaker dan firstaker yang akan mengikuti uji pengetahuan pada batch-1 yang akan diselenggarakan pada bulan September 2021.

Kisi-kisi Uji Pengetahuan (UP) PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021, selain disertakan dalam lampiran surat tersebut dapat juga diakses oleh mahasiswa langsung melalui laman Space milik masing-masing mahasiswa.

Berdasarkan analisa admin MTs Arabic, Kisi-kisi Uji Pengetahuan PPG yang disertakan sebagai lampiran surat tersebut terdiri atas delapan mata pelajaran. Kesemuanya meliputi:

- Kisi-kisi UP Pendidikan Agama Islam (PAI)

- Kisi-kisi UP Alquran Hadis

- Kisi-kisi UP Akidah Akhlak

- Kisi-kisi UP Fikih

- Kisi-kisi UP Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)

Kisi-kisi UP Bahasa Arab

- Kisi-kisi UP Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)

- Kisi-kisi UP Guru Raudlatul Athfal (PGRA)

Seperti disebutkan dalam isi surat, mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kemenag 2021 dapat mengunduh kisi-kisi tersebut melalui akunnya masing-masing di laman Space (ppg.siagapendis.com).

Dalam artikel ini,  admin MTs Arabic akan share lampiran kisi-kisi dalam bentuk indikator soal sesuai tema yang sudah dipelajari saat pelaksanaan PPG khusus pada Mata Pelajaran Bahasa Arab.

TEMA ILMU SHARAF :

1. Disajikan narasi tentang ilmu sharaf, peserta didik dapat menyimpulkan konsep ilmu Sharaf dan urgensinya dalam kajian bahasa Arab

2. Disajikan sebuah narasi, peserta didik dapat menganalisis tentang urgensi ilmu sharaf dalam belajar Bahasa Arab dengan tepat

3. Disajikan sebuah narasi tentang ilustrasi permasalahan sharaf dalam kajian bahasa Arab, peserta didik dapat menganalisis dampak kesalahan makna sharfiah yang terjadi dengan tepat

4. Disajikan sebuah narasi teks bahasa Arab, peserta didik dapat menganalisis kata sesuai kelompoknya dengan tepat

5. Disajikan sebuah narasi teks bahasa Arab, peserta didik dapat mengklasifikasi kata sesuai kelompoknya dengan tepat

6. Disajikan sebuah narasi teks bahasa Arab, peserta didik dapat membuat kata sesuai klasifikasinya dengan tepat

7. Disajikan sebuah narasi teks bahasa Arab, peserta didik dapat melengkapi Auzan Sharfi sesuai klasifikasinya dalam kalimat Bahasa Arab dengan benar

8. Disajikan sebuah teks berbahasa Arab, peserta didik dapat menganalisis kesalahan Auzan Sharfi dalam kalimat bahasa Arab dengan benar

9. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta didik dapat membentuk kata sesuai Auzan Sharfiyah dalam kalimat bahasa Arab dengan benar

10. Disajikan sebuah teks berbahasa Arab, peserta didik dapat menganalisis aspek sharfi suatu kalimat Bahasa arab dengan benar

11. Disajikan sebuah narasi teks bahasa Arab, peserta didik dapat menilai aspek sharfi suatu kalimat dalam Bahasa arab dengan tepat

12. Disajikan sebuah narasi teks bahasa Arab, peserta didik dapat mengkritisi aspek sharfi suatu kalimat dalam bahasa Arab dengan tepat

TEMA ILMU NAHWU :

13. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menerapkan hakikat ilmu nahwu dalam bahasa Arab

14. Disajikan teks bahasa Arab, peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung mubtada’ dan khabar

15. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis kalimat yang meliputi khabar muqaddam dan mubtada’ muakhar

16. Disajikan teks bahasa Arab, mahasiswa dapat menganalis kalimat yang mengandung Fa’il

17. Disajikan teks bahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Maf’ulun bihi

18. Disajikan teks bahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Mudhaf

19. Disajikan teks bahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Mudhafun ilahi

20. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Na’at

21. Disajikan teks soal, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Man’ut

22. Diasajikan teks soal, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Man’ut

23. Disajikan teks soal peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Naib Fa’il

24. Disajikan teks soal, peserta dapat menganalisis i'rab isim kana

25. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Khabar Kana

26. Disajikan teks soal peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Isim Akhawat Kana

27. Disajikan teks soal, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Khabar Akhawat Kana

28. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menentukan kalimat yang mengandung Manshubatul Asma’

29. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Maf’ul Liajlihi

30. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Maf’ul Muthlaq

31. Disajikan teks bahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Maf’ul Fihi

32. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab, peserta dapat mengkritisi kalimat yang mengandung Maf’ul Ma’ah

33. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab pesrta dapat mengkritisi ِ kalimat yang mengandung Munada

34. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Hal

35. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Hal Mufradah

36. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Hal Jumlah Ismiyah

37. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Hal Jumlah Fi’liyah

38. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menilai aspek nahwi suatu kalimat dalam Bahasa Arab

39. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis struktur kalimat dalam bahasa Arab

TEMA ILMU BALAGHAH

40. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menerapkan hakikat ilmu bayan dalam kalimat sempurna.

41. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis hakikat ilmu bayan dalam kalmat sempurna.

42. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis Tasybih Mursal dalam kalimat sempurna.

43. Disajikan teks soal dalam berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis Tasybih Mu’akkad  dalam kalimat sempurna.

44. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis Tasybih Mujmal dalam kalimat sempurna

45. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis Tasybih Mufashal dalam kalimat sempurna.

46. Disajikan teks dalam bahasa Arab peserta dapat menganalisis Tasybih Baligh dalam kalimat sempurna.

47. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Tasybih Maqlub

48. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab, peserta dapat menganalisis Tasybih Tamtsil dalam kalimat sempurna.

49. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab, peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Tasybih Dhimni

50. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab, peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Majaz

51. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab, peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Isti’arah Tashrihiyyah

52. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Isti’arah Makniyah

53. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Majaz Mursal

54. Disajikan teks soal dalam bahasa Arab, peserta dapat menganalisis kalimat yang mengandung Kinayah.

55. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat mengoreksi kalimat yang mengandung Kinayah.

56. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis ungkapan yang mengandung ilmu ma'ani

57. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis kalimat yag mengandung khabar.

58. Disajikan teks berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis macam macam khabar dalam konteks ilmu ma'ani.

59. Disajikan contoh kalimat yang mengandung khobar, peserta dapat menyimpulkan tujuan disampaikannya khabar

60. Disajikan contoh kalimat yang mengandung amr, peserta dapat menganalisis makna balaghi-nya

TEMA KITABAH

61. Disajikan kalimat secara acak, peserta dapat menyusunnya menjadi paragraf.

62. Disajikan contoh adawat alrabth (konjungsi), peserta dapat menerapkannya dalam kalimat dengan tepat.

63. Disajikan beberapa teks bahasa Arab, peserta dapat menyimpulkan makna kalimat yang sempurna.

64. Disajikan contoh paragraf berbahasa Arab, peserta dapat menyimpulkan jenis paragraf berdasarkan topiknya.

65. Disajikan contoh paragraf berbahasa Arab, peserta dapat menyimpulkan jenis paragraf berdasarkan sifat isinya.

66. Disajikan contoh kalimat yang mengandung adawat al-rabth (konjungsi), peserta dapat menganalisis makna yang dikandung adawat al-rabth tersebut.

67. Disajikan contoh paragraf berbahasa Arab, peserta dapat menyimpulkan paragraf yang memiliki unsur yang lengkap.

68. Disajikan contoh paragraf berbahasa Arab, peserta dapat menganalisis kalimat dalam paragraf tersebut berdasarkan fungsi-fungsinya

TEMA FIQH LUGHOH DAN ‘ILMU LUGHOH

69. Disajikan deskripsi tentang fiqh lughah dan 'lmu lughah, peserta dapat menganalisis perbedaan antara kedua disiplin ilmu bahasa Arab tersebut.

70. Disajiakan deskripsi tentang 'ilmu lughah, peserta dapat menentukan objek kajian ilmu tersebut.

71. Disajikan deskripsi kasus tentang anak yang terampil berbahasa Arab, peserta dapat menyimpulkan kasus tersebut ke dalam pemerolehan bahasa.

72. Disajikan deskripsi tentang keistimewaan bahasa Arab, peserta dapat menyimpulkan keistimewaan bahasa Arab.

TEMA ANALISIS KI KD DAN PERUMUSAN IPK DALAM K13

73. Disajikan deskripsi kompetensi, mahasiswa dapat menganalisis rumusan KI KD dalam kaitan dengan penyusunan IPK

74. Disajikan contoh IPK, mahasiswa dapat menentukan kriteria IPK yang bermuatkan tuntutan pembelajaran abad 21 serta penguatan pendidikan karakter

TEMA KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK BERDASARKAN PERKEMBANGAN INTELEKTUAL, MORAL, EMOSIONAL, DAN SOSIAL

75. Disajikan data dan informasi tentang usia peserta didik kelas antara 7-17 tahun, mahasiswa dapat menentukan model/pendekatan/strategi pembelajaran berdasarkan teori perkembangan intelektual peserta didik

76. Disajikan studi kasus terkait dengan tindak tawuran pelajar, mahasiswa dapat menela'ah perilaku menyimpang peserta didik berdasarkan teori perkembangan moral.

77. Disajikan studi kasus/data atau informasi terkait dengan kehidupan peserta didik di lingkungan dan sekolah/masyarakat, mahasiswa dapat menganalisis perilaku peserta didik berdasarkan teori perkembangan emosional

TEMA TEORI-TEORI BELAJAR

78. Diberikan deskripsi tentang gaya belajar siswa (tanpa menyebut nama gaya belajar) dalam pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan jenis teori belajar behavioristik dalam pembelajaran

79. Diberikan deskripsi tentang gaya belajar siswa (tanpa menyebut nama gaya belajar) dalam pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan jenis teori belajar kognitif dalam pembelajaran.

80. Diberikan deskripsi tentang gaya belajar siswa (tanpa menyebut nama gaya belajar) dalam pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan jenis teori belajar konstruktivistik dalam pembelajaran.

81. Diberikan deskripsi tentang gaya belajar siswa (tanpa menyebut nama gaya belajar) dalam pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan jenis teori belajar humanistik dalam pembelajaran.

82. Diberikan deskripsi tentang gaya belajar siswa (tanpa menyebut nama gaya belajar) dalam pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan jenis teori belajar sosial dalam pembelajaran.

TEMA IPK YANG BERORIENTASI PADA PEMBELAJARAN ABAD 21

83. Diberikan kasus tentang pembelajaran, mahasiswa dapat menilai konstruksi IPK dalam RPP yang berorientasi pada pengembangan kemampuan berpikir kritis, kreatif, inovatif, dan kemampuan kolaboratif

TEMA MODEL/PENDEKATAN/STRATEGI PEMBELAJARAN ABAD 21

84. Disajikan informasi tentang kegiatan pembelajaran SKI, mahasiswa dapat menentukan Model/ Pendekatan/ Strategi pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berpikir kritis

85. Disajikan informasi tentang kegiatan pembelajaran SKI, mahasiswa dapat menentukan Model/ Pendekatan/ Strategi pembelajaran untuk pengembangan kemampuan berpikir kreatif

86. Disajikan informasi tentang kegiatan pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan Model/ Pendekatan/ Strategi pembelajaran untuk untuk pengembangan kemampuan berpikir inovatif

TEMA PENDEKATAN TECHONOGICAL, PEDAGOGICAL AND CONTENT KNOWLEDGE (TPACK) DAN RELEVANSINYA DALAM PEMBELAJARAN ABAD 21

87. Disajikan kasus pembelajaran, mahasiswa dapat menilai pelaksanaan pembelajaran tersebut apakah telah berorientasi pada pendekatan TPACK

88. Disajikan data dan informasi tentang kemajuan teknologi, mahasiswa dapat menentukan karakteristik guru abad 21

TEMA PENGEMBANGAN MATERI POKOK DAN BAHAN AJAR DALAM KURIKULUM

89. Disajikan beberapa contoh materi pokok dan bahan ajar, mahasiswa dapat menyusun materi ajar berdasarkan struktur pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif

TEMA PENDEKATAN PEMBELAJARAN K13 (K13 REVISI) DAN PERKEMBANGAN ABAD 21

90. Disajikan narasi terkait dengan pembelajaran dan tuntutan keterampilan global sebagai dasar dalam pembuatan RPP, mahasiswa mampu merumuskan langkah langkah penentuan pendekatan pembelajaran yang tepat sesuai dengan tuntutan K13 dan perkembangan abad 21

TEMA STRATEGI PEMBELAJARAN K13 (K13 REVISI) DAN PERKEMBANGAN ABAD 21

91. Disajikan narasi terkait dengan pembelajaran dan tuntutan keterampilan global sebagai dasar dalam pembuatan RPP, mahasiswa mampu merumuskan langkah-langkah penentuan strategi pembelajaran yang tepat sesuai dengan tuntutan K13 dan perkembangan abad  21

TEMA SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TIK

92. Disajikan rumusan KI, KD dan IPK, mahasiswa mampu menentukan sumber belajar konvensional dan berbasis IT yang relevan

TEMA MODEL-MODEL PEMBELAJARAN

93. Disajikan model pembelajaran, peserta mampu menentukan model yang paling tepat

94. Diuraikan ciri-ciri pembelajaran holistik, peserta didik mampu menganalisis pembelajaran holistik

95. Disajikan konsep pembelajaran kontekstual dan futuristik, peserta didik mampu membedakan konsep keduanya

96. Disajikan RPP yang memanfaatkan teknologi dan media informasi abad 21, peserta mampu menemukan RPP yang paling tepat

TEMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIK

97. Disajikan narasi pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan unsur unsur pembelajaran berdasarkan saintifik

98. Disajikan deskripsi pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan teknik guru dalam menstimulasi siswa untuk bertanya dalam pembelajaran berdasarkan pendekatan saintifik

99. Diberikan contoh-contoh aktifitas guru di dalam kelas dalam pembelajaran, mahasiswa mampu mengidentifikasi langkah yang tepat dalam pengembangan kemampuan penalaran siswa.

TEMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN PENDEKATAN TPACK

100. Diberikan contoh-contoh aktifitas guru di dalam kelas dalam pembelajaran, mahasiswa mampu mengidentifikasi langkah yang tepat dalam penerapan TPACK pada pembelajaran

TEMA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN TUNTUTAN  KOMPETENSI ABAD 21

101. Diberikan contoh-contoh aktifitas guru di dalam kelas dalam pembelajaran, mahasiswa mampu mengidentifikasi langkah yang tepat dalam penerapan pembelajaran untuk mencapai abad 21

TEMA KONSEP DASAR PENGUKURAN, PENILAIAN, EVALUASI, DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN

102. Disajikan deskripsi tentang konsep dasar pengukuran, mahasiswa dapat mengambil kesimpulan tentang pengertian, ciri, tujuan, dan manfaat penilaian pembelajaran

103. Disajikan deskripsi tentang konsep dasar pengukuran, mahasiswa dapat mengambil kesimpulan tentang pengertian, ciri, tujuan, dan manfaat evaluasi pembelajaran

TEMA KONSEP DAN PENERAPAN PENILAIAN OTENTIK

104. Disajikan data hasil belajar siswa, mahasiswa dapat menentukan keterhubungan antara objek dan teknik evaluasi pembelajaran

105. Disajikan contoh-contoh soal, mahasiswa dapat menentukan katagori karakteristik soal HOTS

106. Disajikan soal untuk mengukur ranah kognitif, mahasiswa dapat menganalisis soal tersebut berdasarkan standar HOTS

TEMA PENGEMBANGAN DAN PENGOLAHAN TES HASIL BELAJAR

107. Disajikan data soal yang sudah diuji cobakan, mahasiswa dapat menganalisis butir soal untuk menentukan tingkat validitas dan reliabilitas soal.

108. Disajikan data hasil tes, mahasiswa mampu menyimpulkan teknik pengolahan hasil tes menggunakan standar tertentu

109. Disajikan data hasil tes, mahasiswa dapat mengkatagorisasikan jenis penilaian kinerja

TEMA PELAKSANAAN PROGRAM TINDAK LANJUT

110. Disajikan materi tentang Program remedial, mahasiswa dapat menganalisis konsep Program remedial untuk menentukan kuantitas dan kualitas suatu objek dalam pembelajaran

111. Disajikan materi tentang Program Pengayaan, mahasiswa dapat menganalisis konsep Pengolahan hasil penilaian Program Pengayaan unjuk kerja untuk menentukan kuantitas dan kualitas suatu objek dalam pembelajaran

TEMA KONSEP DASAR PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

112. Disajikan deskripsi tentang konsep dasar PTK, mahasiswa dapat mengambil kesimpulan tentang pengertian, ciri, tujuan, dan manfaat PTK

113. Disajikan deskripsi tentang permasalahan pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan rumusan masalah PTK

114. Disajikan deskripsi tentang masalah pembelajaran, mahasiswa dapat menentukan tindakan solusi yang sesuai dalam PTK

115. Disajikan deskripsi tentang kegiatan PTK, mahasiswa mampu mengidentifikasi langkah-langkah PTK yang sistematik

TEMA PROSEDUR PENYUSUNAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

116. Disajikan deskripsi tentang alur penyusunan proposal PTK, mahasiswa dapat menentukan langkah langkah penyusunan proposal PTK.

117. Disajikan deskripsi tentang kasus pembelajaran sebagai data dan informasi, mahasiswa dapat menentukan teknik pengumpulan data yang tepat dalam PTK.

118. Disajikan deskripsi tentang data dan informasi pembelajaran, mahasiswa dapat mengidentifikasi teknik pengolahan dan analisis data.

TEMA KONSEP DASAR KARYA TULIS ILMIAH (KTI)

119. Disajikan deskripsi tentang konsep dasar KTI, mahasiswa dapat mengambil kesimpulan tentang pengertian, ciri, tujuan, dan manfaat KTI

120. Disajikan deskripsi tentang ragam KTI, mahasiswa mampu menentukan ragam bentuk KTI

Demikian artikel sederhana terkait Kisi-kisi UP PPG Kemenag Mata Pelajaran Bahasa Arab Tahun 2021. Semoga menjadi pencerahan bagi bapak/ibu guru, khususnya yang sedang melaksanakan Program Profesi Guru pada Instansi Kementerian Agama RepublikIndonesia Tahun 2022.

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

MI Arabic

0 Response to "Kisi-kisi UP PPG Kemenag Mata Pelajaran Bahasa Arab Tahun 2021"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel