Iklan Header MI Arabic

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2022-2023

MI Arabic - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan asesmen sumatif pada akhir jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Asesmen Madrasah (AM) Tahun Pelajaran 2022/2023, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi asesmen madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kisi-kisi tersebut terlampir dalam surat edaran dengan nomor B-756/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2023 tertanggal 16 Februari 2023, berisi tentang Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mata Pelajaran PAI dan Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2022/2023.

I. Pengertian

Proses pembelajaran merupakan rangkaian kegiatan yang meliputi perencanaan pembelajaran, kegiatan pembelajaran dan asesmen/ penilaian, sebagai satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan antara satu dengan lainnya.

Kegiatan asesmen pembelajaran di madrasah meliputi; 1) Asesmen formatif yaitu asesmen/penilaian yang dilakukan untuk melihat perkembangan dan kemajuan keberhasilan proses pembelajaran; 2) Asesmen sumatif yaitu asesmen/penilaian hasil belajar untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik. Asesmen sumatif dapat dilakukan pada akhir pembelaran dalam kurun waktu tertentu, semester dan/atau pada akhir jenjang pendidikan. Asemen sumatif yang dilakukan pada akhir jenjang pendidikan madrasah disebut Asesmen Madrasah (AM). Asesmen Madrasah adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan.

Asesmen Madrasah (AM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen Madrasah (AM) diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA) dan Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan untuk menyelenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Dalam rangka standarisasi penyelenggaraan Asesmen Madrasah (AM), maka Direktorat Jenderal Pendidikan Islam menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Asesmen Madrasah sebagai panduan bagi Guru, Kepala, Pengawas Madrasah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam menyelenggarakan Asesmen Madrasah.

Akhir dari proses pembelajaran adalah penilaian hasil belajar. Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;

1) Penilaian harian (PH) / Asesmen Formatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;

2) Penilaian Akhir Semester (PAS) / Asesmen Sumatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;

3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) / Asesmen Sumatif yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan

4) Asesmen Madrasah (AM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Dalam rangka mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan pada satuan pendidikan madrasah, perlu diselenggarakan asesmen pada akhir jenjang pendidikan dalam bentuk Asesmen Madrasah, terbitlah Surat Keputusan Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023. Baca selanjutnya di bawah ini :

Surat Keputusan Nomor 901 Tahun 2023 tentang Standar Operasional Prosedur Penyelenggaraan Asesmen Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023

Adapun dalam artikel ini, admin akan share kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab khusus untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Kisi-kisi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Secara umum, berikut diantara perbedannya :

1. Jumlah kisi-kisi soal

Kisi-kisi soal asesmen madrasah tahun ini terdiri dari 44 butir, berbeda dengan tahun sebelumnya (2021-2022) terdiri dari 50 butir.

2. Tampilan format tabel kisi-kisi

Tampilan format tabel kisi-kisi tahun ini (2022-2023) ini sama dengan format tabel kisi-kisi tahun sebelumnya (2021-2022) yaitu terdiri dari 4 poin :

1. Nomor

2. Kompetensi Dasar

3. Materi Esensial

4. Indikator

- Materi Esensial adalah Materi Pokok yang diajarkan setiap jenjangnya

- Indikator Ujian adalah Indikator Pencapaian Kompetensi, uraian dari Materi Esensial

Lalu indikator soal dan level kognitifnya kemana? Itulah yang mungkin jadi tambahan PR bagi guru para penyusun soal nantinya.

Pada dasarnya, kisi-kisi tersebut memang bersumber dari materi-materi dari kelas 7 sampai kelas 9, hanya saja, format kisi-kisi soal yang disediakan oleh Tim Penyusun Kisi-kisi dari pusat berbeda, guru pun mempunya 2 opsi untuk mengolah kisi-kisi tersebut:

1) Menggunakan format terbaru dari pusat;

2) Menganalisa kembali dan menambah poin-poin seperti format tahun lalu.

Pada intinya kembali ke kebutuhan.

II. Analisa Kisi-Kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2022-2023

Sebelum mendownload kisi-kisi, berikut hasil analisa admin MI Arabic terkait indikator ujian/IPK yang tercantum dalam kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2022-2023:

A. Kompetensi Dasar

Materi Kelas IV :

BAB 1 - العنوان  KD 3.2 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 2 - المهنة KD 3.3 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 3 - أملي KD 3.5 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - أفراد الأسرة KD 3.7 (1 indikator ujian) dan KD 3.8 (2 indikator ujian)

BAB 5 - في البيت KD 3.9 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 6 - أحب إندونسيا KD 3.11 (1 indikator ujian) dan KD 3.12 (1 indikator ujian)

Materi Kelas V :

BAB 1 - أعضاء الجسم KD 3.1 (1 indikator ujian) dan KD 3.2 (1 indikator ujian)

BAB 2 - المهنة KD KD 3.3 (1 indikator ujian) dan KD 3.4 (1 indikator ujian)

BAB 3 - حديقة الحيوانات KD 3.5 (1 indikator ujian) dan KD 3.6 (1 indikator ujian)

BAB 4 - في غرفة الإستقبال و غرفة المذاكرة KD 3.7 terdiri dari 2 indikator ujian dan KD 3.8 (1 indikator ujian)

BAB 5 - في المعمل و مكتبة المدرسة KD 3.9 (2 indikator ujian) dan KD 3.10 (1 indikator ujian)

BAB 6 - في المقصف KD 3.11 (1 indikator ujian) dan KD 3.12 (1 indikator ujian)

Materi Kelas VI :

BAB 1 - الساعة KD 3.1 (2 indikator ujian) dan KD 3.2 (3 indikator ujian)

BAB 2 - أخب اللغة العربية KD 3.3 (3 indikator ujian) dan KD 3.4 (1 indikator ujian)

BAB 3 - أحب الأنشطة KD 3.5 (3 indikator ujian) dan KD 3.6 (1 indikator ujian)

BAB 4 - العطلة KD KD 3.7 (3 indikator ujian) dan KD 3.8 (1 indikator ujian)

BAB 5 - النزهة KD KD 3.9 (2 indikator ujian) dan KD 3.10 (2 indikator ujian)

Baca juga Arsip Materi Lengkap Bahasa Arab MI Kelas 4 sampai Kelas 6 di bawah ini.

Materi Bahasa Arab MI Kelas 4 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Genap

Materi Bahasa Arab MI Kelas 5 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Genap

Materi Bahasa Arab MI Kelas 6 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Genap

III. Kisi-kisi Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2022-2023

Asatidz yang membutuhkan file Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2022-2023 yang sudah admin pisahkan dari Kisi-kisi semua mapel, silahkan unduh di bawah ini :

 

Demikian artikel terkait Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab jenjang MI Tahun Pelajaran 2022-2023 dan analisanya sebagai gambaran dan panduan bapak/ibu untuk mempermudah menyusun soal Asesmen Madrasah tahun ini. Semoga الله memudahkan kita dalam proses penyusunan soal tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Admin MI Arabic

Baca juga :

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2022-2023

Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MA Tahun Pelajaran 2022-2023

0 Response to "Kisi-kisi Soal Asesmen Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2022-2023"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel