Iklan Header MI Arabic

Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2021-2022

MI Arabic - Dalam rangka meningkatkan kualitas penyelenggaraan penilaian hasil belajar pada akhir  jenjang pendidikan di madrasah dalam bentuk Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, Direktorat KSKK Madrasah, Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI telah menyiapkan kisi-kisi ujian madrasah khususnya mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab. Kisi-kisi tersebut terlampir dalam surat edaran dengan nomor B-350/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/02/2022 tertanggal 14 Februari 2021, berisi tentang Kisi-kisi Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022.

I. Pengertian

Penilaian hasil belajar merupakan salah satu komponen penting dalam penyelenggaraan pendidikan di madrasah. Penilaian adalah proses pengumpulan dan pengolahan data/informasi untuk mengukur capaian hasil belajar peserta didik terhadap Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang telah ditetapkan. Kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah meliputi;

1) Penilaian harian (PH) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik setelah menyelesaikan satu kompetensi dasar (KD) atau lebih;

2) Penilaian Akhir Semester (PAS) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester ganjil;

3) Penilaian Akhir Tahun (PAT) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir semester genap; dan

4) Ujian Madrasah (UM) yaitu penilaian yang dilakukan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik pada akhir jenjang pendidikan.

Ujian Madrasah (UM) meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan di kelas akhir pada satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA)/Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan. Hal tersebut menegaskan bahwa pemerintah memberi wewenang penuh kepada satuan pendidikan dalam hal ini adalah madrasah untuk menyelenggarakan ujian pada akhir jenjang pendidikan untuk mengukur pencapaian standar kompetensi lulusan bagi peserta didiknya.

Ujian Madrasah adalah alternatif ujian akhir yang diselenggarakan oleh madrasah setelah Ujian Nasional (UN) dan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAM-BN) ditiadakan. Maka dari itu, terbitlah Surat Keputusan Nomor 455 Tahun 2022 tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022. Baca selanjutnya tentang POS Penyelenggaraan Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022, disini.

Adapun dalam artikel ini, admin akan share kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab khusus untuk jenjang Madrasah Ibtidaiyah. Kisi-kisi tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Secara umum, berikut diantara perbedannya :

1. Jumlah kisi-kisi soal

Dari jumlah kisi-kisi soal ujian madrasah tahun lalu (2020-2021), kisi-kisi soal ujian madrasah terdiri dari 60 butir, sedangkan tahun ini (2021-2022) terdiri dari 50 butir. Itupun dibagi kedalam 2 kategori Kompetensi Dasar yaitu KD 3 atau Aspek Pengetahuan dan KD 4 atau Aspek Keterampilan.

2. Tampilan format tabel kisi-kisi

Tampilan format tabel kisi-kisi soal ujian madrasah tahun lalu (2020-202) terdiri dari 6 poin :

1. Nomor

2. Kompetensi Dasar yang diujikan

3. Indikator Pencapaian Kompetensi (IPK)

4. Materi

5. Kelas/Semester

6. Indikator Soal

7. Level Kognitif

Sedangkan tampilan format tabel kisi-kisi tahun ini (2021-2022) hanya terdiri dari 4 poin :

1. Nomor

2. Kompetensi Dasar

3. Materi Esensial

4. Indikator Ujian

- Materi Esensial adalah Materi Pokok yang diajarkan setiap jenjangnya

- Indikator Ujian adalah Indikator Pencapaian Kompetensi, uraian dari Materi Esensial

Lalu indikator soal dan level kognitifnya kemana? Itulah yang mungkin jadi tambahan PR bagi guru para penyusun soal nantinya. Wilujeng... 😁

3. Munculnya KD 4 (Keterampilan)

Ada tampilan baru dari Kompetensi Dasar yang diukur pada kisi-kisi soal Ujian Madrasah khususnya Mata Pelajaran Bahasa Arab Tahun Pelajaran 2021-2022 ini yaitu KD 4 atau dikenal dengan Aspek Keterampilan. Adapun pada tahun sebelumnya, Kompetensi Dasar yang ditampilkan hanya pada aspek Pengetahuan saja.

Analisa admin, penambahan KD 4 (Keterampilan) sesuai dengan poin 6 dari surat edaran Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021-2022 yang berbunyi :

"Sesuai dengan POS UM Tahun Pelajaran 2021/2022, pada masa Pandemi Covid-19 maka madrasah dapat memilih salah satu dan/atau beberapa bentuk ujian sesuai kompetensi yang dinilai. Bentuk ujian dimaksud antara lain portofoliopenugasanpraktektes tertulis dan atau bentuk lain yang ditetapkan oleh madrasah sesuai dengan kondisi masing-masing madrasah/daerah. Khusus bentuk portofolio, bukan bermakna dibuat ujian portofolio, namun dalam kondisi yang sangat darurat di masa pandemi sehingga tidak memungkinkan dilakukan pelaksanaan bentuk ujian yang lazim, maka madrasah diberi peluang melakukan penilaian berdasarkan portofolio pekerjaan siswa yang sudah ada sebelumnya selama siswa belajar." (Lebih lengkap baca POS Ujian Madrasah Tahun Pelajaran 2021/2022 Bab IV tentang Bahan Ujian Madrasah poin A (Bentuk Ujian) nomor 1)   

Jadi, mungkin KD 4 atau Aspek Keterampilan yang dimunculkan dalam kisi-kisi tahun ini memberikan keleluasaan bagi madrasah yang ingin mengukur kemampuan siswanya melalui bentuk ujian praktek. Bagaimanapun perbedaan dari format kisi-kisi tersebut, nantinya dapat dimusyawarakan atau dikembangkan oleh guru ketika proses penyusunan naskah soal atau teknis praktek dan disesuaikan dengan persetujuan di tingkat KKM, MGMP, atau madrasahnya secara langsung mengenai jumlah soal yang akan disusun, kemudian digandakan dan/atau diinput pada aplikasi ujian yang digunakan pada setiap madrasah.

Pada dasarnya, materi bahasa Arab untuk jenjang MI ada 6 bab pelajaran. tetapi kisi-kisi tersebut hanya bersumber dari materi-materi dari kelas IV sampai kelas VI, hanya saja, format kisi-kisi soal yang disediakan oleh Tim Penyusun Kisi-kisi dari pusat berbeda, guru pun mempunya 2 opsi untuk mengolah kisi-kisi tersebut:

1) Menggunakan format terbaru dari pusat;

2) Menganalisa kembali dan menambah poin-poin seperti format tahun lalu.

Pada intinya kembali ke kebutuhan.

II. Analisa Kisi-Kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2021-2022

Sebelum mendownload Kisi-kisi, berikut hasil analisa admin MI Arabic terkait indikator ujian/IPK yang tercantum dalam kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2021-2022:

A. Kompetensi Pengetahuan

Materi Kelas IV :

BAB 1 - العنوان  KD 3.1 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 2 - المهنة KD 3.3 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 3 - أملي KD 3.5 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - أفراد الأسرة KD 3.7 (1 indikator ujian) dan KD 3.8 (2 indikator ujian)

BAB 5 - في البيت KD 3.9 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 6 - أحب إندونسيا KD 3.11 (1 indikator ujian) dan KD 3.12 (1 indikator ujian)

Materi Kelas V :

BAB 1 - أعضاء الجسم KD 3.1 (1 indikator ujian) dan KD 3.2 (1 indikator ujian)

BAB 2 - المهنة KD KD 3.3 (1 indikator ujian) dan KD 3.4 (1 indikator ujian)

BAB 3 - حديقة الحيوانات KD 3.5 (1 indikator ujian) dan KD 3.6 (1 indikator ujian)

BAB 4 - في غرفة الإستقبال و غرفة المذاكرة KD 3.7 terdiri dari 2 indikator ujian

BAB 5 - في المعمل و مكتبة المدرسة KD 3.9 KD 3.9 (2 indikator ujian) dan KD 3.10 (1 indikator ujian)

BAB 6 - في المقصف KD 3.11 (1 indikator ujian) dan KD 3.12 (1 indikator ujian)

Materi Kelas VI :

BAB 1 - الساعة KD 3.1 (1 indikator ujian) dan KD 3.2 (3 indikator ujian)

BAB 2 - أخب اللغة العربية KD 3.3 (2 indikator ujian) dan KD 3.4 (1 indikator ujian)

BAB 3 - أحب الأنشطة KD 3.5 (2 indikator ujian) dan KD 3.6 (1 indikator ujian)

BAB 4 - العطلة KD KD 3.7 (2 indikator ujian) dan KD 3.8 (1 indikator ujian)

BAB 5 - النزهة KD KD 3.9 (2 indikator ujian) dan KD 3.10 (3 indikator ujian)

B. Kompetensi Keterampilan

Materi Kelas IV

BAB 1 - العنوان  tidak ada

BAB 2 - المهنة tidak ada

BAB 3 - أملي KD 4.5 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - أفراد الأسرة tidak ada

BAB 5 - في البيت tidak ada

BAB 6 - أحب إندونسيا KD 4.11 terdiri dari 1 indikator ujian

Materi Kelas V :

BAB 1 - أعضاء الجسم KD 4.1 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 2 - المهنة tidak ada

BAB 3 - حديقة الحيوانات KD 4.5 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - في غرفة الإستقبال و غرفة المذاكرة tidak ada

BAB 5 - في المعمل و مكتبة المدرسة KD 4.9 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 6 - في المقصف tidak ada

Materi Kelas VI :

BAB 1 - الساعة KD 4.1 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 2 - أخب اللغة العربية KD 4.3 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 3 - أحب الأنشطة KD 4.5 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 4 - العطلة KD 4.7 terdiri dari 1 indikator ujian

BAB 5 - النزهة KD 4.9 terdiri dari 1 indikator ujian

Baca juga Arsip Materi Lengkap Bahasa Arab MI Kelas 4 sampai Kelas 6 di bawah ini.

Materi Bahasa Arab MI Kelas 4 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MI Kelas 4 Semester Genap

Materi Bahasa Arab MI Kelas 5 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Genap

Materi Bab 6 Bahasa Arab MI Kelas 5 Semester Genap

Materi Bahasa Arab MI Kelas 6 :

Materi Bab 1 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Ganjil

Materi Bab 2 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Ganjil

Materi Bab 3 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Ganjil

Materi Bab 4 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Genap

Materi Bab 5 Bahasa Arab MI Kelas 6 Semester Genap

III. Kisi-kisi Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2021-2022

Asatidz yang membutuhkan file Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2021-2022 yang sudah admin pisahkan dari Kisi-kisi Ujian Madrasah semua mapel, silahkan unduh di bawah ini :

 

Demikian artikel terkait Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab jenjang MI Tahun Pelajaran 2021-2022 dan analisanya sebagai gambaran dan panduan bapak/ibu untuk mempermudah menyusun soal Ujian Madrasah tahun ini. Semoga الله memudahkan kita dalam proses penyusunan soal tersebut sesuai dengan yang diharapkan.

Semoga bermanfaat.

Salam,

Admin MI Arabic

Baca juga :

Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MTs Tahun Pelajaran 2021-2022

Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab Jenjang MA Tahun Pelajaran 2021-2022

0 Response to "Kisi-kisi Soal Ujian Madrasah Mapel Bahasa Arab MI Tahun Pelajaran 2021-2022"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel