Iklan Header MI Arabic

Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MI sesuai KMA 183 Tahun 2019

MI Arabic - Indikator soal khususnya pada mata pelajaran Bahasa Arab memiliki kedudukan yang sangat strategis dalam mengembangkan pencapaian kompetensi berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar sesuai dalam KMA Nomor 183 Tahun 2019 terutama untuk mengukur 4 keterampilan dalam memahami bahasa Arab yaitu maharatul istima' (keterampilan mendengar), maharatul kalam (keterampilan berbicara), maharaul qiro'ah (keterampilan membaca), dan maharatul kitabah (keterampilan menulis). Penyusunan indikator soal adalah tahapan lanjutan dari penentuan indikator pencapaian kompetensi dan juga penjabaran dari Kompetensi Dasar.

PENGERTIAN

Banyak pengertian mengenai apa itu indikator soal. Intinya, tahapan ini memudahkan guru dalam menyusun soal yang diinginkan. Di antara pengertian indikator soal secara umum adalah sebagai berikut.

Indikator soal merupakan gambaran perilaku yang dapat diamati dan diukur untuk menunjukkan bahwa seorang siswa telah mencapai suatu kompetensi tertentu sebagai bentuk hasil pembelajaran yang telah dilakukan.

Indikator soal adalah penanda pencapaian Kompetensi Dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku terukur, mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

Adapun dalam tulisan ini, penulis memfokuskan pada indikator soal pada mata pelajaran Bahasa Arab khususnya pada jenjang Madrasah Ibtidaiyah kelas 1 - 6.

Jika pengertian indikator soal secara umum diatas dikaitkan dengan mata pelajaran Bahasa Arab, maka menghasilkan pengertian sebagai berikut.

Indikator soal Bahasa Arab adalah proses pengukuran ketercapaian kompetensi dasar pada mata pelajaran bahasa Arab yang dapat diamati baik dari segi maharatul istima' (keterampilan mendengar), maharatul kalam (keterampilan berbicara), maharaul qiro'ah (keterampilan membaca), maharatul kitabah (keterampilan menulis),  maupun struktur gramatikal Bahasa Arab yang telah dilakukan pada kegiatan pembelajaran.

FUNGSI

Lantas apa fungsinya guru Bahasa Arab membuat indikator soal ?

Fungsi dari Indikator soal Bahasa Arab adalah sebagai berikut.
1) Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran Bahasa Arab
2) Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran Bahasa Arab
3) Pedoman dalam mengembangkan bahan ajar Bahasa Arab
4) Pedoman dalam merancang dan melaksanakan penilaian hasil belajar dari pembelajaran Bahasa Arab.

Selain itu fungsi indikator soal bahasa Arab adalah sebagai bentuk penjabaran lebih rinci dari tujuan yang lebih besar (kompetensi dasar/KD), sehingga jika indikator soal Bahasa Arab telah tercapai maka kemungkinan besar akan tercapai pula Kompetensi Dasar tersebut.

SYARAT

Lalu apa saja syarat pembuatan indikator soal untuk mata pelajaran Bahasa Arab ?

Syarat indikator soal Bahasa Arab, antara lain :
1) Spesifik dan jelas, artinya informasi yang disampaikan tentang tingkah laku siswa yang diharapkan harus jelas.
2) Berorientasi pada tingkah laku siswa selama kegiatan pembelajaran, bukan tingkah laku guru dalam mengajar
3) Menggunakan kata kerja operasional yang menunjukkan tingkah laku dan dapat diamati/diukur.
4) Memuat ciri-ciri kompetensi dasar yang akan diukur.
5) Berkaitan dengan materi (bahan ajar) yang dipilih.
6) Dapat dibuatkan soalnya

Penyusunan indikator soal untuk penilaian hasil belajar pada pembelajaran bahasa Arab, sebaiknya menggunakan stimulus (dasar pertanyaan). Stimulus tersebut dapat berupa kosakata (mufrodat) setiap bab, kata acak, kalimat acak, gambar (disarankan berwarna), tabel (analisis teks), bagan (khusus bab tertentu seperti يوميات الأسرة), atau teks bacaan setiap bab yang merangsang kemampuan berpikir siswa sebelum menentukan pilihan jawaban.

PERUMUSAN INDIKATOR SOAL

Indikator soal harus dirumuskan dengan singkat dan jelas dengan memperlihatkan hal-hal berikut.
1. Memuat ciri-ciri kompetensi yang akan diukur
2. Memuat kata kerja operasional yang dapat diukur (satu kata kerja operasional untuk soal pilihan ganda, satu atau lebih dari satu kata kerja operasional untuk soal uraian)
3. Berkaitan dengan materi atau konsep yang dipilih.
4. Dapat dibuat soalnya sesuai dengan bentuk soal yang telah ditetapkan

Komponen-komponen indikator soal yang perlu diperhatikan adalah subjek, perilaku yang akan diukur, dan kondisi/konteks/stimulus.

Rumusan indikator yang lengkap mencakup 4 (empat) komponen, yaitu ABCD, dengan A = Audience, B = Behaviour, C = Condition, dan D – Degree. Berikut penjelasannya.

1. Audience
Audience adalah sasaran atau peserta tes (dalam hal ini peserta didik).

2. Behaviour
Behaviour adalah tingkah laku yang harus ditampilkan atau diharapkan muncul. Perumusannya menggunakan kata kerja operasional.

3. Condition
Condition (kondisi) adalah kondisi yang diberikan pada saat tingkah laku peserta didik diukur, tidak ketika sedang belajar.

4. Degree
Degree (tingkat keberhasilan) merupakan standar tingkah laku tertentu yang dapat diterima.

Tipe Indikator Soal Bahasa Arab

Tipe penulisan indikator soal ada dua, sebagai berikut.

1. Indikator soal yang menempatkan condition (kondisi) di awal kalimat
Model ini digunakan untuk soal yang disertai dengan stimulus, berupa kosakata (mufrodat), kata acak, kalimat acak, gambar, tabel, bagan atau teks bacaan setiap bab.

>>> Contoh rumusan indikatornya :
Disajikan beberapa kata acak tentang التعارف peserta didik dapat menyusun (KKO) kata acak tersebut menjadi kalimat dengan benar.

2. Indikator soal yang menempatkan audience (peserta didik) dan behaviour (perilaku) di awal kalimat

Model ini digunakan untuk soal yang tidak disertai dengan dasar pertanyaan sebagai stimulus.

>>> Contoh rumusan indikatornya :

Peserta didik dapat menentukan …
Contoh indikator soal :
Disajikan kata acak, peserta didik dapat menyusun kalimat dengan benar.

Maka ringkasan rumusan indikator soal tersebut adalah :
Audience : peserta didik
Behaviour : dapat menyusun kalimat
Condition : disajikan kata acak
Degree : dengan benar

Dari kedua tipe indikator soal diatas, silahkan ustadz/ustadzah pilih sesuai dengan yang biasa digunakan baik di madrasah, KKM, maupun MGMP Bahasa Arab yang diikuti.

Adapun contoh lengkap indikator soal bahasa Arab MI, dapat ustadz/ustadzah lihat di bawah ini.

Disajikan hiwar rumpang tentang العنوان, peserta didik dapat melengkapi dengan mufradat yang sesuai

Disajikan teks sederhana tentang الأرقام, peserta didik dapat menentukan angka nomor telpon dalam bahasa arab dengan tepat

Disajikan teks tentang المهنة, peserta didik dapat menerapkan dhamir pada kalimat rumpang dengan tepat

Disajikan tabel اسم الإشارة - الضمير المنفصل peserta didik dapat menganalisis kalimat yang mengandung isim isyaroh dengan tepat

Disajikan kalimat tentang أملي, peserta didik dapat mengidentifikasi isim istifham yang sesuai

Disajikan gambar profesi, peserta didik dapat mengkonstruksi kalimat sesuai gambar

Disajikan hiwar sederhana peserta افراد الأسرة tentang didik dapat menentukan kata tanya yang sesuai

Disajikan bagan keluarga, peserta didik dapat menganalisis kedudukan seseorang dalam keluarga dengan benar

Disajikan kalimat tentang في البيت, peserta didik dapat menentukan arti kalimat bergarisbawah dengan tepat

Disajikan kata acak tentang في البيتو, peserta didik dapat menyusunnya menjadi kalimat sempurna dengan tepat

Disajikan hiwar sederhana tentang أحب إندونيسيا, peserta didik dapat menentukan mufradat yang sesuai dengan kata tanya dengan tepat

Disajikan kalimat rumpang tentang أحب إندونيسيا, peserta didik dapat melengkapi kalimat sesuai dengan isim isyarah dengan benar

Disajikan gambar tentang أعضاء الجسم, peserta didik dapat menunjukkan mufradat sesuai gambar dengan tepat

Disajikan kalimat rumpang tentang أعضاء الجسم,peserta didik dapat melengkapinya dengan sifat sesuai isim dengan tepat

Disajikan gambar المهنة, peserta didik dapat membuat kalimat sesuai gambar dengan tepat

Disajikan hiwar rumpang tentang المهنة, peserta didik dapat menunjukkan kata tanya dengan tepat

Disajikan kalimat rumpang tentang المهنة, peserta didik dapat menentukan isim mufrad muanats yang sesuai dengan sifat dengan benar

Disajikan narasi sebuah aktivitas, peserta didik dapat menyimpulkan nama profesi sesuai aktivitas dengan benar

Disajikan hiwar tentang  حديقة الجيوانات, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan huruf jar yang tepat

Disajikan gambar tentang  حديقة الجيوانات, peserta didik dapat melengkapi kalimat dengan nama hewan sesuai gambar dengan tepat

Disajikan kata acak tentang  حديقة الجيوانات, peserta didik dapat menyusunnya menjadi kalimat sempurna dengan tepat

Disajikan hiwar tentang في غرفة الإستقبال و المذاكرة, peserta didik dapat menyebutkan benda yang ada di ruang belajar dengan tepat

Disajikan kalimat rumpang tentang في غرفة الإستقبال و المذاكرة, peserta didik dapat melengkapinya dengan dzaraf makan dengan benar

Disajikan teks tentang في غرفة الإستقبال و المذاكرة, peserta didik dapat menganalisis kedudukan mubtada dengan tepat

Disajikan kalimat sederhana tentang في غرفة الإستقبال و المذاكرة, peserta didik dapat mengartikan kalimat dengan tepat

Disajikan hiwar rumpang tentang في غرفة الإستقبال و المذاكرة, peserta didik dapat melengkapinya dengan kalimat tanya sesuai jawaban dengan tepat.

Disajikan gambar dengan kalimat rumpang tentang في غرفة الإستقبال و المذاكرة, peserta didik dapat melengkapinya dengan kata yang mengandung khabar mukoddam dengan tepat

Disajikan tabel tentang في المقصف, peserta didik dapat mengidentifikasi jenis makanan/minuman dengan benar

Disajikan hiwar rumpang tentang في المقصف, peserta didik dapat melengkapinya dengan kata tanya yang benar

Disajikan tabel المبتدأ و الخبر - الخبر المقدم و المبتدأ المؤخر, peserta didik dapat membandingkan kalimat-kalimat mubtada-khabar dan kabar mukaddam-mubtada muakhar dengan tepat

Disajikan hiwar sederhana tentang الساعة, peserta didik dapat menentukan kata tanya yang sesuai

Disajikan gambar jam, peserta didik dapat menentukan mufradat sesuai gambar dengan tepat

Disajikan teks rumpang tentang الساعة, peserta didik dapat melengkapinya dengan fiil mudhari’ sesuai dhamir yang sesuai

Disajikan teks tentang الساعة, peserta didik dapat menemukan dhamir dalam kalimat dengan tepat

Disajikan kata acak tentang الساعة, peserta didik dapat menyusun menjadi kalimat sempurna dengan tepat

Disajikan gambar tentang الساعة, peserta didik dapat membuat kalimat sesuai gambar dengan benar

Disajikan kalimat tentang أحب اللغة العربية yang bergarisbawah, peserta didik dapat menentukan arti kata tersebut dengan tepat

Disajikan hiwar sederhana tentang أحب اللغة العربية, peserta didik dapat melengkapi kalimat yang rumpang dengan tepat

Disajikan teks rumpang tentang أحب اللغة العربية, peserta didik dapat Melengkapinya dengan fiil amr sesuai dengan jenis dengan tepat

Disajikan teks tentang أحب اللغة العربية, peserta didik dapat menentukan isim mufrad mudzakar dengan benar

Disajikan tabel الفعل المضارع و الفعل الأمر, peserta didik dapat membandingkan fi'il mudhari' dan fi'il amr dengan tepat

Disajikan kata acak tentang أحب اللغة العربية, peserta didik dapat menyusun menjadi kalimat sempurna dengan tepat

Disajikan kalimat sederhana tentang أحب الأنشطة, peserta didik dapat mengartikan kalimat dengan benar

Disajikan kalimat tentang أحب الأنشطة, peserta didik dapat mengidentifikasi fiil mudhari’ dengan tepat

Disajikan hiwar sederhana tentang أحب الأنشطة, peserta didik dapat melengkapi dengan kalimat tanya yang sesuai

Disajikan kalimat sederhana, tentang أحب الأنشطة, peserta didik dapat mengubah fiil mudhari’ sesuai dhamir

Disajikan tabel tentang الفعل الأمر, peserta didik dapat menganalisis kalimat yang mengandung fiil amr dengan benar

Disajikan gambar berseri tentang أحب الأنشطة, peserta didik dapat menentukan paragraf yang tepat

Disajikan kalimat rumpang tentang العطلة, peserta didik dapat melengkapi dengan mufradat yang sesuai

Disajikan kalimat sempurna tentang العطلة, peserta didik dapat mengartikan kalimat yang bergarisbawah dengan benar

Disajikan teks rumpang, tentang العطلة, peserta didik dapat Melengkapi dengan fiil madhi dengan tepat

Disajikan teks tentang العطلة, peserta didik dapat menemukan dhamir fiil madhi dalam kalimat dengan tepat

Disajikan narasi alat transportasi, peserta didik dapat menyimpulkan nama benda tersebut dengan benar

Disajikan kata acak tentang العطلة, peserta didik dapat menyusun menjadi kalimat sempurna dengan tepat

Disajikan paragraf sederhana tentang النزهة, peserta didik dapat mengartikan kalimat yang bergarisbawah dengan benar

Disajikan kalimat rumpang tentang النزهة, peserta didik dapat melengkapi dengan nama tempat rekreasi dengan tepat

Disajikan kalimat sempurna tentang النزهة, peserta didik dapat mengubah bentuk fiil madi sesuai dhamir

Disajikan kalimat rumpang tentang النزهة, peserta didik dapat melengkapi dengan mufradat yang tepat

Disajikan tabel الفعل الماضي, peserta didik dapat menganalisis kalimat yang mengandung fiil madi dengan tepat

Disajikan kalimat acak tentang النزهة, peserta didik dapat menyusun menjadi paragraf dengan tepat

Silahkan sesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi sehingga tersusun menjadi kisi-kisi soal.

Demikian penjelasan tentang Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MI secara umum sesuai KMA 183 Tahun 2019.

Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

MI Arabic

Baca Juga :

Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MTs sesuai KMA 183 Tahun 2019

Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MA sesuai KMA 183 Tahun 2019

0 Response to "Rumusan Indikator Soal Bahasa Arab MI sesuai KMA 183 Tahun 2019"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel