Iklan Header MI Arabic

Kumpulan Indikator Pencapaian Kompetensi Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MI


MI Arabic - Indikator pencapaian kompetensi (IPK) adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan Kata Kerja Operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Kata kerja operasional yang sering digunakan adalah milik Taksonomi Bloom. Bagi bapak/ibu yang belum mempunyai kumpulan KKO Bloom silahkan download di bawah ini.
Tulisan kali ini, saya akan share indikator pencapaian kompetensi yang terdapat pada materi Bahasa Arab Kelas 7 sampai Kelas 9 sesuai dengan maharah ( keterampilan ) yang menjadi dasar pemahaman bagi siswa untuk mempelajari bahasa Arab. Bapak/ibu dapat menggunakannya dalam setiap pertemuan, aspek apa yang akan diukur dari setiap peserta didik, sehingga pembelajaran berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Biasanya, IPK ini tertuliskan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Tinggal disesuaikan sesuai dengan materi dan bab yang akan disampaikan kepada peserta didik.

Berikut rinciannya.
Menyimak: ( مهارة الإستماع )
Melafalkan kosakata atau kalimat yang didengar
Memilih gambar yang disediakan sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan
Menentukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan
Mengidentifikasi bunyi huruf-huruf Arab yang diperdengarkan
Mengidentifikasi bunyi kalimat yang diperdengarkan
Mengidentifikasi bunyi kata yang sesuai dengan ungkapan/kalimat yang diperdengarkan
Mengidentifikasi bunyi kata-kata Arab yang diperdengarkan
Mengidentifikasi bunyi ungkapan yang diperdengarkan
Mengidentifikasi kosakata baru dalam kata, kalimat yang diperdengarkan
Menjodohkan mufradat yang terdapat dalam teks
Menunjukkan kata yang sesuai dengan kalimat yang diperdengarkan
Menyebutkan kembali kata atau kalimat yang didengar
Memilih gambar yang disediakan sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan
Memilih jawaban yang disediakan sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan
Memilih kata sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan
Memilih ungkapan sesuai dengan makna kalimat yang diperdengarkan
Menentukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan
Menentukan makna kalimat dari sebuah wacana lisan sederhana
Menentukan makna kata dari sebuah wacana lisan sederhana
Menentukan tema atau ide pokok dari wacana lisan yang diperdengarkan
Menentukan tema dari sebuah wacana sederhana
Mengidentifikasi bunyi kalimat yang diperdengarkan
Mengidentifikasi kata yang sesuai dengan makna ungkapan atau kalimat yang diperdengarkan
Mengidentifikasi makna kata yang sesuai dengan kata/kalimat yang diperdengarkan
Mengidentifikasi ungkapan yang sesuai dengan makna kata/ungkapan yang diperdengarkan
Mengulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan
Menjelaskan arti kata atau kalimat dengan benar dan tepat 
Memilih gambar yang disediakan sesuai ungkapan yang diperdengarkan
Memilih jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan
Memilih kata yang sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan 
Memilih kata yang sesuai dengan makna kalimat yang diperdengarkan
Memilih ungkapan sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan
Menentukan gambar sesuai dengan kalimat yang diperdengarkan
Menentukan gambar sesuai dengan kata yang diperdengarkan
Menentukan gambar sesuai dengan ungkapan yang diperdengarkan
Menentukan jawaban yang sesuai dengan pertanyaan yang diperdengarkan
Menentukan kosakata yang benar dengan benda yang disajikan
Menentukan makna kalimat yang diperdengarkan
Menentukan makna kata yang diperdengarkan
Mengidentifikasi ungkapan yang sesuai dengan makna ungkapan yang diperdengarkan
Mengidentifikasi kata yang sesuai dengan makna ungkapan/kalimat yang diperdengarkan
Mengulangi beberapa kalimat dalam hiwar yang diperdengarkan dengan baik dan benar
Mengungkapkan kemabali kata atau kalimat yang diperdengarkan
Menjelaskan makna kata atau kalimat yang diperdengarkan
Menunjukkan makna kata atau kalimat dengan benar dan tepat
Berbicara: ( مهارة الكلام )
Bertanya jawab dengan judul dan mufradat yang telah dipelajari pada dars yang bersangkutan
Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang tepat
Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan ungkapan komunikatif yang diprogramkan
Bertanya jawab secara berpasangan materi hiwar dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar
Melafalkan hiwar dengan makhraj dan intonasi yang benar
Melafalkan teks bacaan dengan benar dan tepat sesuai dengan tanda baca
Membaca pelajaran hiwar dengan intonasi yang baik dan benar
Membaca teks bacaan dengan intonasi yang baik dan benar
Memperagakan hiwar secara berpasangan dengan baik dan benar
Menggunakan tiap kalimat dan ungkapan pelajaran hiwar
Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar
Bertanya jawab dengan judul dan mufradat yang telah dipelajari
Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan kata tanya yang tepat
Bertanya jawab secara berpasangan dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
Melafalkan hiwar dengan makhraj serta intonasi yang benar
Melafalkan mufradat dengan makhraj dan panjang pendek yang benar
Mendemonstrasikan materi hiwar dengan tepat dan benar secara berpasangan 
Mendeskripsikan gambar dengan menggunakan struktur kalimat yang diprogramkan
Menentukan arti mufradat yang terdapat pada hiwar
Menentukan arti setiap ungkapan hiwar dengan benar
Mengulangi ungkapan-ungkapan hiwar yang diperdengarkan dengan intonasi dan makhraj yang baik dan benar
Mengungkapkan informasi sederhana sesuai dengan konteks hiwar
Menjawab beberapa pertanyaan sesuai dengan gambar yang disediakan dengan kalimat sederhana
Menjawab beberapa pertanyaan yang disediakan 
Menunjukkan arti ungkapan hiwar dengan benar
Menyebutkan alur cerita hiwar dengan ringkas
Menyebutkan arti setiap ungkapan/kalimat hiwar dengan benar
Menyebutkan maksud ungkapan-ungkapan komunikatif yang terdapat dalam hiwar
Membaca: ( مهارة القراءة )
Melafalkan bahan qira’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
Melafalkan kalimat dari wacana tertulis
Melafalkan kata dari wacana tertulis
Membaca teks qira’ah dengan makhraj serta intonasi yang baik dan benar
Memilih kalimat sesuai dengan gambar 
Menginventaris mufradat atau kosakata baru dalam materi qira’ah
Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qira’ah 
Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira'ah dengan benar
Menyebutkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang disediakan
Menyebutkan kata atau kalimat yang diperdengarkan
Membetulkan pernyataan-pernyataan yang salah dari segi makna
Memilih kalimat sesuai dengan gambar yang disediakan 
Menentukan gagasan dari wacana tertulis
Menentukan makna kalimat dari wacana tertulis
Menentukan makna kata dari wacana tertulis
Menerjemahkan bahan qira'ah
Menginventarisasi mufradat yang terdapat dalam teks qira'ah
Menjawab beberapa pertanyaan tentang kandungan teks qira’ah
Menjelaskan makna kata atau kalimat dengan benar dan tepat
Menjodohkan ungkapan-ungkapan pelajaran qira’ah dengan benar
Menyatakan benar atau salah kalimat-kalimat sesuai dengan makna teks qira’ah
Menyebutkan kalimat yang sesuai dengan gambar yang disediakan
Menyebutkan makna kata atau kalimat yang diperdengarkan
Menulis: ( مهارة الكتابة )
Melengkapi kalimat dengan memilih ungkapan yang benar
Melengkapi kalimat sesuai dengan kata sesuai dengan tulisan yang benar
Membuat kalimat sesuai gambar dengan kata-kata yang disediakan
Membuat pertanyaan dengan kata tanya yang tepat untuk jawaban yang disediakan
Memilih jawaban yang tersedia sesuai dengan pertanyaan
Memilih jawaban tersedia yang tepat dengan tulisan yang benar
Memilih mufradat yang tepat dengan gambar yang disediakan
Menjodohkan pertanyaan dengan jawaban yang tepat dengan tulisan yang benar
Menyalin bahan imla’ yang disediakan dengan tulisan yang benar
Menyalin kalimat dengan memilih __________ yang tepat
Menyalin kalimat yang disediakan dengan harakat/syakal yang baik dan benar
Menyalin kalimat yang disediakan sesuai dengan gambar
Menyusun huruf-huruf menjadi kalimat yang benar
Menyusun kalimat dari kata-kata acak yang disediakan dengan tulisan yang benar
Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat
Melengkapi kalimat/ungkapan dengan kata-kata yang tepat
Membuat kalimat sederhana dengan menggunakan kosakata baru dan pola kalimat yang telah dipelajari
Memilih jawaban yang tersedia dengan tulisan yang benar
Menjodohkan pertanyaan dengan jawaban yang tepat
Menyalin kalimat dengan memilih __________ yang tepat
Menyusun beberapa ungkapan menjadi kalimat sempurna dengan tulisan yang benar
Menyusun huruf-huruf hijaiyah yang disediakan menjadi kata yang bermakna
Menyusun kalimat dari kata-kata acak yang disediakan dengan tulisan yang benar
Menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraf
Menyusun kata-kata acak menjadi kalimat sempurna
Menyusun kata-kata yang disediakan menjadi kalimat sederhana sesuai pola kalimat yang diajarkan

Demikian tulisan sederhana tentang Kumpulan Indikator Pencapaian Kompetensi Bahasa Arab MI Kelas 1 sampai kelas 6 sesuai dengan buku digital yang sudah disediakan oleh kemenag.

IPK diatas hanyalah contoh. Kurang lebihnya silahkan bapak/ibu sesuaikan (dikurangi/ditambahkan) dengan menggunakan Kata Kerja Operasional yang sudah saya sertakan link downloadnya di atas.

Syukron.
Semoga bermanfaat.

Salam Admin,

0 Response to "Kumpulan Indikator Pencapaian Kompetensi Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab MI"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel